90% Fraksi di DPR Setuju RUU Keperawatan disahkan, Kecuali Fraksi Demokrat !!!

Jakarta, UU Keperawatan harga mati ! , itulah yang digemborkan ribuan perawat yang melakukan demonstrasi di depan gedung DPR/MPR Selasa 14 Desember 2010 lalu. Aksi yang dikoordinir oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ini berjalan cukup menegangkan. Terjadi aksi saling dorong antara Polisi dengan demonstran.

Pukul 08.00 WIB massa aksi berkumpul di lapangan parkir timur Stadion Gelora Bung Karno. Diiringi orasi dari koordinator lapangan dan mahasiswa keperawatan yang turut bergabung, para demonstran melakukan long march ke gedung DPR/MPR.

Mulanya aksi berlangsung tenang, orasi dilakukan secara bergantian oleh masing masing perwakilan PPNI daerah, termasuk oleh Ketua PPNI Pusat DR. Dewi Irawati, MA hingga kemudian elemen-elemen non perawat yang mengaku mendukung disahkannya RUU Keperawatan turut bergabung dan melakukan orasi. Ketegangan mulai berlangsung ketika para mahasiswa mengambil alih sound, memberikan komando kepada massa aksi untuk masuk ke dalam gedung yang dijaga ketat oleh polisi karena tak satupun anggota dewan yang bersedia menemui demonstran. Aksi saling dorongpun tak dapat dihindarkan, sebagian massa aksi mulai memanjat gerbang yang tingginya � 10 meter, dan yang mengagumkan, sebagian diantaranya adalah perempuan. Sembari mengibarkan bendera PPNI, mereka berteriak menuntut RUU agar segera disahkan.

Setelah melalui perundingan yang cukup alot, akhirnya perwakilan demonstran diijinkan masuk ke dalam gedung yang saat itu sedang digunakan untuk sidang paripurna. 90 % fraksi di DPR sepakat akan segera mengesahkan Undang Undang Keperawatan. Satu-satunya fraksi yang tidak setuju adalah fraksi Demokrat. Hal ini membuat demonstran makin berang dan memaki fraksi tersebut. Aksi berakhir dengan keputusan DPR yang tetap menempatkan RUU keperawatan pada urutan ke 18 prolegnas pada tahun 2011.

Pos ini dipublikasikan di Berita Terkini, serba serbi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s